Dewantara.id || PALI – Iwan Tuaji Bakal Calon Bupati, mengembalikan Formulir Pendaftaran ke sejumlah Partai Politik, Firdaus Hasbullah SH sebagai Dewan Pertimbangan DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan, menyebut jika ada kemungkinan Devi Harianto ketua DPC Partai Demokrat kabupaten PALI akan berpasangan dengan Iwan Tuaji, kamis (16/5/24).

FH sapaan akrabnya menjelaskan bahwa kemungkinan itu bukan tanpa alasan, mengingat di tingkat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, partai Nasdem dan Partai Demokrat bersatu.

“Iwan Tuaji kan kader Partai Nasdem. Sementara di Partai Demokrat telah menyiapkan Devi Harianto. Maka atas pertimbangan linear antara provinsi dan kabupaten, maka saya rasa kemungkinan itu sangat terbuka lebar,” jelas Calon Terpilih Anggota DPRD kabupaten PALI itu dari Partai Demokrat.

Di tanya persentase menyatunya Devi Harianto dan Irwan Tuaji, FH menyebut lebih kurang 50%. Namun hal ini bisa saja bertambah seiring waktu, karena kedua orang itu sudah memiliki kesepahaman untuk bersama-sama membangun kabupaten PALI.

“Kalau sekarang 50%. Tapi saya yakin bisa bertambah. Apalagi keduanya sudah memiliki kesepahaman. Meskipun kata kesepakatan belum, namun tunggu saja,” ujarnya.

Sementara itu, Iwan Tuaji mengaku bahwa dirinya tidak menutup kemungkinan berpasangan dengan Devi Harianto. “Lihat ke depan, kami siap mengikuti arah dari Partai Demokrat. Apalagi Nasdem dan Demokrat di Provinsi sudah berkoalisi,” tuturnya.

Ditanya dirinya yang siap mengalah menjadi Calon Wakil Bupati PALI ketika berpasangan dengan Devi Harianto, Iwan Tuaji mengaku tidak menjadi masalah.

Karena bagi Iwan, baik menjadi Bupati ataupun Wakil Bupati nantinya mempunyai kesamaan. Yaitu bertujuan untuk membangun kabupaten PALI.“Jadi kami tidak mempermasalahkan itu. Sesuai dengan arahan partai. Kalau diibaratkan tikus tidak mati, kucing tidak malu,” ungkap Iwan Tuaji.

“Yang paling penting adalah bagaimana menciptakan Pilkada PALI yang kondusif, tenang dan damai. Sehingga pelaksanaan Pesta Demokrasi dan transisi melanjutkan pemerintahan di kabupaten PALI bisa sesuai harapan kita semua,” ujarnya.

Dirinya mengembalikan formulir di sejumlah Parpol, yakni PDI Perjuangan, PAN dan Partai Demokrat. “Sementara untuk di Partai Nasdem sendiri sudah menjalani pendalaman Calon Kepala Daerah dengan panelis di DPW Provinsi Sumsel. Kemudian PAN sudah menghadiri undangan untuk mengikuti Rakornas,” pungkasnya.