MUARA ENIM, Dewantara.id – Kodim 0404/ Muara Enim menggelar buka bersama Jurnalis Muara Enim di Aula Markas Kodim 0404, Minggu (07/04/2024).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha ,S.H ,M.I.P , Para Perwira jajaran dan Danramil diwilayah terorial Kodim 0404 Muara Enim .Sejumlah kepengurusan media juga hadir diantaranya Ketua Forum Komunikasi Aktifis Dan Antar Lembaga Media (FOKAL) Marsidi bersama sejumlah KSB organisasi lainnya , Ketua SMSI kabupaten Muara Enim , Hafizul Ahkam , Persatuan pewarta PWDPI , KSB IWO Indonesia Kabupaten Muara Enim dan seorang penceramah yang berasal dari kota Muara Enim.

Taufik Firdaus dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang merupakan perwakilan organisasi wartawan di Kabupaten Muara Enim menyampaikan dalam sambutannya menyambut baik terselenggaranya forum diskusi dan silaturahmi terima kasih bersama jajaran Kodim 0404 bersama insan pers Kabupaten Muara Enim pada acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan 1445 H .

” Merupakan momentum silahturahmi Jajaran Kodim 0404 /Muara Enim dengan Insan Pers di Muara Enim termasuk diskusi ringan diselingi dialog interaktif bagaimana mendorong peran aktif masyarakat agar berkolaboratif mengusung kemajuan Muara Enim ,” Sebutnya.

Pria yang akrab di sapa Dacon ini juga berharap agar insan pers di Kabupaten Muara Enim juga bisa dilibatkan untuk publikasi dalam setiap kegiatan Kodim 0404 Muara Enim dan Koramil diwilayah teritorial kodim 0404.

Sementara itu Dandim 0404 Letkol Inf Nugraha,S.SIP., MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Kodim 0404 Muara Enim akan bersinergi dengan insan pers utamanya untuk membantu Pemerintah demi kemajuan Kabupaten Muara Enim.

Dandim 0404/ Muara Enim Letkol inf Nugraha juga menjelaskan bahwa daerah teritorial Kodim 0404 Muara Enim meliputi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten PALI dan Kota Prabumulih.

Lebih lanjut dikatakan Dandim bahwa selama ini Dandim 0404/ Muara Enim sudah ikut berperan dalam hal diantaranya penanganan ketahanan Pangan, stunting dan juga dalam pembangunan di desa – desa yang membutuhkan peran serta Kodim 0404 Muara Enim juga mempunyai program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang nantinya akan diselenggarakan di desa Sidomulyo kecamatan Gunung Megang .

Pada kesempatan itu, Dandim 0404/ Muara Enim Letkol Inf Nugraha juga memerintahkan setiap koramil di Kodim 0404/ Muara Enim diharuskan ada wartawan dalam setiap kegiatannya.

Menjelang berbuka puasa, disuguhi siraman rohani oleh ustadz Samani.Acara buka bersama Kodim 0404/ Muara Enim ini juga dirangkaikan dengan dialog interaktif antara Dandim 0404/ Muara Enim Letkol Inf Nugraha dengan insan pers dengan penuh keakraban, canda dan tawa.

Ternyata Dandim ini dikenal orang yang dekat dengan wartawan dan masyarakat. Diketahui Dandim Nugraha ini baru saja beberapa bulan ini di tugaskan di kodim 0404/ muara Enim yang menggantikan sebelumnya yaitu Dandim Letkol Inf Arh Rimba Anwar yang merupakan abituren Akmil 2003 .

Antuasiasme rekan media yang menyampaikan kondisi terkini sepertinya kekurangan waktu. Tak ayal, Dandim Nugraha akhirnya masih berkenan mengajak rekan media untuk melanjutkan diskusi sembari ngopi-ngopi bersama setelah shalat berjamaah.

“Karena yang diharapkan semua wartawan bisa menciptakan karya jurnalis yang harus bikin semua pembaca itu minat membacanya bagaimana caranya itu kreatif dari seorang jurnalis, Jadikan bajunya jurnalis ini semua sarana jalan dan ladang ibadah.

Karena dia yakin bahwa Rezeki itu sudah di atur oleh Yang Maha Kuasa dengan banyak membantu sesama manusia, termasuk menciptakan karya dan ide-ide cemerlang yang membangun kabupaten, desa lebih maju dan berkembang,” Beber Dandim Nugraha

Terakhir dia berpesan jalinlah hubungan yang baik antara rekan Babinsa di lapangan untuk bersinergi saling bersinergi, terhitung ratusan lebih Babinsa di wilayah teritorial Kodim 0404/ muara Enim sebagai garda terdepan dan pelopor kemajuan masyarakat agar mampu bersinergi dan mengelola sumber kekuatan dan jaring sosial menuju kabupaten muara enim yang lebih baik.