Dewantara.id || PALI – Babinsa Koramil KORAMIL 40R-03/PENDOPO,KODIM 0404/MUARA ENIM, kerja bakti membuat dan membersihkan parit. Gotong royong melibatkan warga masyarakat setempat bersama Babinsa, guna mencegah terjadinya banjir dan mewujudkan lingkungan bersih dan hidup sehat.

Koptu Dadang Sumardi saat berada di lokasi menyampaikan, bahwa peran serta Babinsa dalam kegiatan kerja bakti ini merupakan wujud kepedulian TNI dengan lingkungan dan warga di wilayah binaan, sekaligus juga untuk menumbuhkan kebersamaan di antara seluruh lapisan masyarakat.

“Pembersihan parit ini kami lakukan bersama masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir, menjaga kebersihan di lingkungan warga,” ujar Koptu Dadang babinsa Kelurahan Talang Ubi Utara Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kamis (16/05/24)

Kegiatan itu dilaksanakan, mengingat saat ini musim penghujan, kegiatan kerja bakti fokus pada pembersihan parit dan pembersihan sampah di pinggir ruas jalan yang menjadi drainase, sehingga dapat menghindari terjadinya penyumbatan parit yang menyebabkan banjir saat hujan turun”. Ungkap Babinsa Koptu Dadang

Selain mencegah banjir, tujuan kegiatan ini juga untuk meminimalisasi gangguan kesehatan serta menyadarkan masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan lingkungan guna mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Koptu Dadang juga mengajak bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan sekitar yang menjadi tempat tinggal maupun fasilitas umum lainnya, supaya tetap bersih dan terawat,Dia menambahkan, gotong-royong tersebut merupakan salah satu kemanunggalan TNI bersama rakyat, sehingga dapat memberikan dan meningkatkan rasa aman serta nyaman kepada masyarakat di wilayah kerja setempat.

Serta sebuah implementasi dari pembinaan territorial, khususnya dalam membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada di wilayah binaan.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu mengurangi resiko terjadinya banjir serta wabah penyakit, khususnya di wilayah kelurahan Talang Ubi Utara,Kecamatan Talang Ubi.” pungkasnya