Dewantara.id || MUSI RAWAS – Keberadaan guru ngaji tidak luput dari perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) Manaresmi, Kecamatan Muara Beliti. Pasalnya, kepedulian tersebut ditunjukkan Pemdes setempat dengan memberikan insentif.

Kepala Desa (Kades), Manaresmi Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Hartono mengatakan sebagai bentuk perhatian Pemdes terhadap keberadaan guru Taman Pengajian Anak (TPA) di Manaresmi, Maka pihaknya memberikan  insentif bagi guru ngaji di Desanya tersebut.

Sedikitnya ada belasan guru ngaji yang kita berikan insentif hari ini (kemarin) di Kantor Desa yang bersumber dari Dana Desa (DD),” Jelas Rudi sapaan akrabnya, Sabtu (18/5/2024).

Dikatakannya, guru ngaji berperan penting dalam pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak mulia. Pasalnya, mereka menanamkan sejak dini kecintaan pada Alquran. Sehingga, sudah seharusnya mereka harus mendapatkan insentif untuk membantu perekonomiannya.

Menurutnya, peran guru ngaji adalah sebagai ujung tombak atau garda terdepan dalam membentuk perilaku yang baik atau berakhlakul karimah. Sehingga, pemberian insentif ini untuk memberikan apresiasi dan perhatian khusus bagi para guru ngaji Desa Manaresmi.

Terlepas dari itu, semoga dengan adanya guru ngaji ini maka diharapkan disamping agar anak-anak bisa membaca al qur’an. Tentunya agar dijauhkan dari segala pengaruh negatif dan penyalahgunaan narkotika.

Laporan : Ronal

Redaksi : Essa