PALI, Dewantara.id – Respon cepat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM terkait Amblesnya Jembatan Desa Sungai Ibul, mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah daerah PALI.

Bupati PALI melalui Dinas Perhubungan meminta bantuan ke Perusahaan Besar Swasta (PBS) untuk ikut serta memperbaiki jembatan yang ambles.

Menurut Kartika Anwar, S. Kom kepala dinas perhubungan PALI, seluruh PBS bisa menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk perbaikan jembatan tersebut.

“Dana CSR perusahaan bisa disalurkan untuk kegiatan fisik. Terutama, di wilayah tempat perusahaan itu berdiri. Jika ini dilakukan maka ada manfaat langsung yang akan dirasakan masyarakat di sekitar perusahaan”

Ada beberapa PBS yang beroperasi di sekitar jembatan ini, seperti PT Pertamina EP Adera Field, PT Pertamina EP Pendopo Field, PT Medco Energi, PT Energate Prima Indonesia (EPI), PT Sumber Mineral Perdana (SMP) dan PT Inti Bumi Sukses Perkasa (IBSP).

“Dari Pemeritah Penukal Abab Lematang Ilir PUPR akan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta desain jembatan, dan untuk seluruh pihak yang terlibat berkomitmen untuk segera memperbaikin jembatan ini menggunakan dana CSR nya.”Ungkap Tika sapaan akrab Rabu (07/02/2024)

”Ini merupakan salah satu upaya menjalankan program CSR, dengan menggunakan dana yang berasal langsung dari perusahaan. Kita harapkan ini juga bisa diikuti oleh perusahaan lain Sehingga semua perusahaan mempunyai peran untuk pembangunan infrastruktur,” pungkasnya. (Esa)