PALI, Dewantara.id – Bintara Pembina Desa (babinsa) blusukan ke sejumlah permukiman atau perkampungan warga di wilayah Pasar Bayangkara, Kabupaten PALI Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 

Kolaborasi anggota TNI seperti yang dilaksanakan anggota Babinsa Koramil Koramil 404-3/pendopo dengan menyambangi warga pasar bayangkara Kelurahan Pasar Bayangkara, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Rabu (03/04/2024)

“Kunjungan yang dilakukan personel TNI untuk memastikan kondisi keamanan di masyarakat hingga tingkat rukun tetangga (RT) sekaligus lebih mendekatkan diri dengan warga,” kata Kopda Agus wijaya

Menurut Kopda Agus wijaya kegiatan bersama dengan TNI ini dinilai efektif untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan pihaknya menyerap informasi dari masyarakat baik kejadian kasus kriminal, gangguan keamanan, bencana dan lainnya sehingga bisa dengan cepat ditanggulangi.

Upaya preemtif ini juga bertujuan untuk memantau perkembangan situasi kamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan Talang Ubi. Dalam kunjungannya personel babinsa ini juga memberikan edukasi kepada warga untuk menjaga kamtibmas di daerahnya masing-masing, kemudian berani melapor jika mencurigai adanya hal yang mencurigakan baik penyalahgunaan narkoba maupun dugaan terorisme.

Selain itu, warga pun diminta untuk tidak segan meminta tolong atau menghubungi anggota babinsa jika membutuhkan sesuatu seperti evakuasi warga yang sakit atau hendak melahirkan ke rumah sakit dan lainnya.

Kunjungan anggota Babinsa ke permukiman masyarakat ini sebagai wujud nyata bahwa kami selalu ada di tengah warga untuk melayani dan melindungi,” tambahnya.