Dewantara.id || MUSI RAWAS– Pemerintah Desa (Pemdes) Manaresmi Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi  Rawas (Mura) membagikan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD).

Dimana, sebagian besar penerima bantuan ini diprioritaskan warga miskin ekstrem dan Usia Lanjut (Lansia) “Sedikitnya ada 33 KPM yang diberikan BLT-DD tahap 2 yakni April dan Mei sebesar Rp300 perbulan dan total menjadi Rp600 ribu setiap penerima,”jelas Kepala Desa (Kades) Manaresmi, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Hartono, Jumat (17/5/2024).

Dikatakannya, untuk bantuan ini tidak serta merta begitu saja. Melainkan, BLT-DD diberikan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada yakni keluarga miskin ekstrem, warga sakit menahun atau kronis, lansia dan anggota keluarga difabel.

Selain itu, KPM juga tidak menerima bantuan sosial (Bansos) lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) serta bantuan lainnya.Kemudian, dari juknis tersebut maka realisasi bantuan ini diprioritaskan untuk para Lansia dan warga miskin.

Sebab, mereka tidak bisa bekerja dan tidak memiliki penghasilan tetap. Sehingga, dengan adanya bantuan ini setidaknya bisa membantu ekonomi keluarga.

Terlepas dari itu, ia menghimbau agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaiknya-baiknya terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan jangan sampai disalahgunakan.

Sehingga, mudah-mudahan dengan adanya BLT-DD ini maka setidaknya bisa meringankan beban penerima khususnya dalam memperoleh sembilan kebutuhan pokok (sembako) sehari-hari.

Laporan : Ronal.

Redaksi. : Essa