Dewantara.id || PALI – Site Emergency Response Team (SERT) Pertamina EP Adera Field gerak cepat menangani insiden lingkungan sumur suspended RJA 004 yang berlokasi di Desa Tanah Abang Jaya, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Selasa (6/5/24).

Kejadian diketahui pada pukul 12.30 saat tim sedang melakukan monitoring di lapangan. Upaya penanganan yang dilakukan adalah Melakukan sterilisasi lokasi yang berada jauh dari pemukiman penduduk, memasang safety line untuk memudahkan upaya penanganan, melakukan penggalian bak kontrol, dan pemasangan Safety Valve untuk pengamanan sumur.

Kurang dari 2 jam, Tim SERT Adera Field sudah berhasil menutup kebocoran sumur RJA 004, tepatnya pada pukul 14.00 WIB. Selain melakukan penanganan penutupan sumur, pasca nya tim juga melakukan survei dampak bersama Kepala Desa Tanah Abang Jaya dan pemilik kebun yang berdekatan dengan lokasi, untuk sama-sama melihat dan menginventarisir dampak yang ditimbulkan atas kejadian tersebut.

Bambang Krisna, Kepala Desa Tanah Abang Jaya menyampaikan apresiasi kepada Pertamina EP Adera Field yang sangat sigap menangani insiden tersebut. “Saya ikut menyaksikan tim melakukan penanganan atas insiden yang terjadi di desa kami, kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pertamina EP Adera Field, dan bersama tim Adera juga kami ikut membersamai survei dampak atas kebun masyarakat kami yang terdampak dari insiden ini” Pungkasnya

Head of Communication Relations & CID Zona 4, Tuti Dwi Patmayanti mengatakan Tim SERT Adera Field sangat sigap menangani insiden yang terjadi di RJA 004, dalam penanganan tim selalu memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan kerja.

“Kami selalu berupaya bergerak cepat menangani insiden lingkungan yang terjadi, tanpa melupakan aspek keamanan dan keselamatan kerja, kami juga mengapresiasi kepada semua pihak yang sudah kooperatif dan koordinatif dalam penanganan insiden ini” ucapnya.

Tuti juga berterimakasih kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan lainnya yang terus mendukung upaya Pertamina EP Adera Field dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

Adera Field sebagai bagian dari lapangan PT Pertamina EP Zona 4 Sumatera Selatan terus bergerak berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan energi ini. Saat ini produksi Adera Field untuk minyak mencapai 2.149 BOPD dan Gas sebesar 9.59 MMSCFD