DEWANTARA.ID || PALI – Babinsa KORAMIL 404-03/PENDOPO KODIM 0404/MUARA ENIM, Serka Pebrianto melakukan pendampingan Pelatihan sekaligus bersilaturahmi kepada petani sayuran, di Desa Talang Akar, Kacamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kamis (27/06/24).

Serka Pebrianto menjelaskan bahwa penanaman sayuran dilakukan melalui tanah yang sudah Gembur dan diberi pupuk, dan bisa juga dengan metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, tetapi memanfaatkan air sebagai mediumnya seperti yang tengah masyarakat perkotaan  yang membudidayakan sayuran dengan menggunakan metode hidroponik.

Sistem tanam menggunakan hidroponik telah digunakan sebagai alternatif bercocok tanam dilahan sempit, selain itu hasil dari hidroponik juga memiliki nilai jual, sehingga bisa berguna untuk meningkatkan perekonomian warga,” Ujar Serka Pebrianto.

Babinsa menjelaskan maksud kedatangannya untuk mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh para petani karena dengan lahan yang sempit dijadikan bermanfaat dengan bertanaman sayuran menggunakan metode hidroponik.

Lebih lanjut, Babinsa menyampaikan bahwa ada banyak kelebihan dari metode tanam hindroponik.

Kelebihannya menghemat lahan, tanaman yang dihasilkan lebih segar dan sehat, menghemat energi serta waktu tanam lebih singkat, selain untuk dikonsumsi keluarga hasil dari tanaman hidroponik ini juga dipasarkan ke konsumen sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” Katanya.